Cara Defrag di Windows 8 dan 8.1

Anda yang ingin menjaga kestabilan PC atau laptop Windows 8 atau 8.1 serta kestabilan hardisk, dan ingin melakukannya dengan cara defrag, alangkah baiknya jika anda mengikuti cara defrag di Windows 8 dan 8.1.

Dan kabar baiknya, anda bisa langsung mempraktekkan cara yang diberikan untuk melakukan defrag di Windows 8 atau 8.1 seperti berikut ini.

Cara Defrag di Windows 8 dan 8.1 yang Pertama

Pada umumnya, untuk melakukan defrag pada Windows 8 dan Windows 8.1, anda bisa melakukannya secara manual dengan menggunakan utility bawaan Windows yaitu Windows Disk Defragmenter. Jika anda belum tahu bagaimana cara mengoperasikannya, maka anda bisa ikuti tutorial lengkap nya seperti berikut ini.

  • Pertama-tama, bukalah desktop dan file explorer kemudian klik salah satu drivenya diteruskan dengan klik Manage dan klik Optimize.
  • Menu manage ada di sebelah kiri jendela Windows tepatnya di samping menu View.
  • Kemudian menu Optimize ada di sebelah kiri jendela Windows tepatnya di samping menu Bitlocker dengan icon kotak-kotak warna-warni yang terpecah.
  • Setelah anda klik menu Optimize, nanti anda akan melihat window Optimize Drive yang sedang dalam proses analyze.
  • Tunggulah sampai proses analyzenya selesai. Setelah selesai, klik tombol optimize untuk drift yang ada fragmented nya.
  • Proses ini tentunya akan membuat komputer sedikit lambat dalam mengoperasikan perintah dan membutuhkan durasi yang cukup lama. Tapi anda tidak perlu khawatir karena ini adalah kewajaran yang biasa terjadi saat melakukan defrag.

Lama durasinya tergantung dari banyaknya file dan besarnya drive tersebut. Jika prosesnya sudah selesai, makan nanti anda akan melihat persentase fragmented. Kemudian keluarlah dari windows Optimize Drive. Dan proses defrag pun sudah selesai. Cara ini berlaku untuk operation system Windows 8 dan Windows 8.1.

Cara Defrag di Windows 8 dan 8.1 yang Kedua

Selain melakukan defrag secara manual, anda juga bisa melakukan defrag dengan menggunakan software atau aplikasi pihak ketiga seperti iObit Smart Defrag yang bisa anda download melalui searching Google.

Baca juga : Cara update driver windows 10

iObit Smart Defrag yang anda butuhkan berlogo lingkaran berwarna hitam dengan strip biru di pinggirnya dan ada kotak-kotak berwarna yang hancur di tengah lingkarannya.

  • Cara defrag di Windows 8 dan 8.1 dengan menggunakan iObit Smart Defrag ini pun sama seperti melakukan defrag secara manual. Yakni dengan melewati proses analyze terlebih dahulu.
  • Setelah melewati proses analyze, anda tinggal memilih opsi defrag only. Dengan begitu proses defrag pun akan dimulai.
  • Durasi nya tergantung dari jumlah dan besarnya file yang ada di dalam drive atau partisi tersebut.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai, dan jika sudah, maka proses defrag telah berhasil anda lakukan.

Jika anda sulit mendapatkan aplikasi pihak ketiga ini untuk membantu proses defrag anda, maka anda bisa mencari alternatif aplikasi pihak ketiga jenis lainnya seperti Defraggler.

Anda bisa juga mendownload aplikasi pihak ketiga yang bernama Defraggler ini dengan cara searching di Google. Anda akan menemukan berbagai macam aplikasi serupa yang bernama Defraggler ketika anda mengetikkan keyword nya di kolom pencarian Google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *