Manfaat dan Bahaya Game Online Untuk Anak

Manfaat dan Bahaya Game Online Untuk Anak – Game online merupakan suatu hiburan bagi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Game online ini ada yang bersifat sederhana hingga yang rumit. Kecanggihan teknologi membuatnya bisa dimainkan kapan saja dan dimana saja.

game online untuk anak
game online untuk anak

Baca juga artikel lain di : http://jegankrishnan.web.ugm.ac.id/

Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa game online sendiri dapat memberikan efek yang baik bagi anak, begitupun sebaliknya dengan efek yang negative tentunya. Tentunya, tidak semua game itu baik. Peran orangtualah yang harus memilah mana game yang tepat bagi anaknya.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari game online untuk anak. Dijelaskan diantaranya adalah sebagai berikut;

Gerak fisik anak

Dari pada hanya berdiam diri, pemilihan game jenis ini dapat membantu gerak fisik pada anak. Contohnya adalag dengan dance game yang ada pada arena bermain gamezone.

Hiburan sekaligus jalinan sosial anak

Game online merupakan sarana efektif untuk membangun sosial anak, dikarenakan ada beberapa anak mengalami kesulitan bersosial ketika harus bertatapan langsung dengan temannya. Adanya game onlie ini, dapat membantu mencairkan suasana dan menambah keakraban tentunya.

Meningkatkan kemampuan anak

Kemampuan membaca, berhitung, dan juga pemecahan masalah merupakan hal yang sangat penting untuk bermain game online. Seperti contohnya dengan game adventure. Selain itu, kemampuan untuk berkoordinasi antara mata dan juga tangan pun diasah.

Membangun kerjasama atau team work

Dengan game multiplayer, anak di tuntut untuk berkerja sama dengan baik dalam menyelesaikan misinya demi menjadi pemenang. Hal ini sangat diperlukan dalam permainan game online untuk anak.

Agar tidak gaptek

Dengan pesatnya kemajuan teknologi, seorang anak dituntut untuk lebih kreatif dalam menghadapinya. Hal ini ditujukan agar anak tidak buta akan teknologi dan juga ketinggalan.

Mengurangi tekanan pikiran anak

Tidak hanya orang dewasa saja yang memiliki tekanan, anak pun bisa mengalaminya. Mungkin dengan adanya tugas yang berat tanpa pendampingan, bullying, atau ketertinggalan dapat membuat seorang anak merasa tertekan. Yang ditakutkan adalah pelampiasan stress kepada aktifitas negative.

Ada pula dampak negative yang di timbulkan oleh adannya game online itu sendiri, antara lain;

  • Kecanduan
  • Kurangnya control waktu
  • Melakukan kebohongan
  • Mengabaikan lingkungan sekitarnya
  • Bersifat agresif dan melakukan tindakan premanisme
  • Penyalahgunaan uang
  • Terganggunya kesehatan
  • Produktivitas menurun
  • Penanaman nilai kehidupan yang salah

Beralih dari kecanduan untuk anak dalam bermain game online. Anda juga perlu tahu manfaat yang Anda dapatkan dalam bermain game online Anda bisa dengan mudah menghasilkan uang nyata. Coba simak di http://www.mainqq.net untuk mengetahui permainan terbaik yang bisa memberi Anda uang.

Begitu banyak dampak yang ditimbulkan oleh game online untuk anak. Maka, yang perlu menjadi catatan disini adalah dengan pemilihan game yang tepat, penyeleksian oleh orangtua, pengawasan serta arahan, dan yang lebih penting adalah hindari game dengan adegan kekerasan. Semoga hal ini dapat menjadi acuan untuk lebih selektif dalam pemilihan game online, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *