Dampak Negatif Bermain Game Bagi Anak 

Dampak Negatif Bermain Game Bagi Anak! Bermain game ini dapat memberikan sebuah kesenangan untuk anak, tapi bila sampai menyebabkan sebuah kecanduan, maka anak berisiko mengalami sejumlah dampak negatif. Antara lain :

bermain game 
bermain game 

Kesehatan Mata Terganggu

Saat kamu menatap layar komputer atau gadget yang terlalu lama saat bermain game ini otomatis akan membuat kesehatan mata anak jadi menurun, mulai dari mata lelah, serta minus bertambah, sampai kerusakan saraf mata.

Namun untuk orang dewasa dengan bermain game online akan banyak manfaat terutama menghasilkan uang seperti permainan game bandarq.

Gangguan Motorik

Hanya duduk untuk bermain game saja seharian juga akan membuat anak jadi kurang banyak bergerak. Akibatnya, lama kelamaan akan memiliki kemampuan motorik anak akan menurun, sehingga pertumbuhan badannya jadi tidak maksimal dan anak berisiko mengalami obesitas.

Nyeri Sendi

Saat bermain game, anak tanpa sadar akan duduk membungkuk atau tiduran. Posisi duduk ini pun bukanlah posisi duduk yang sehat. Bila anak duduk pada posisi yang salah terlalu lama, maka hal itu dapat membuat ototnya terasa kaku dan nyeri sendi.

Menurunkan Tingkat Konsentrasi Anak

Menurut sebuah penelitian, kecanduan bermain game yang akan membuat anak mengalami gangguan konsentrasi. Ketika anak senang asyik bermain game. Akan terjadi sebuah perubahan pada struktur dendrit sel-sel di dalam otaknya. Hal ini yang akan mengakibatkan konsentrasi anak menurun, sehingga anak akan mudah lupa dan gagal fokus. Paparan radiasi dari perangkat elektronik pun dapat melemahkan konsentrasi anak.

Anak Kurang Bersosialisasi

Remaja yang kecanduan bermain game inj biasanya akan lebih memilih untuk bermain komputer di rumah daripada bermain di luar bersama teman-temannya. Akibatnya, anak itu akan jadi canggung atau kurang cakap jika harus bersosialisasi dengan lingkungan yang ada disekitarnya.

Masalah Komunikasi

Tidak hanya untuk kemampuan bersosialisasi yang sudah bermasalah, anak yang kecanduan bermain game pun akan mengalami kesulitan saat berkomunikasi. Kegiatan dari berkomunikasi bukan hanya sekadar untuk mendengarkan dan memberi respon perkataan orang lain, tapi juga termasuk untuk dapat membaca ekspresi lawan bicara, Anak yang kurang bersosialisasi ini biasanya kesulitan melakukan hal ini.

Nah,  diatas merupakan beberapa dampak negatif bermain game bagi anak. Semoga artikel diatas dapat membantu kamu saat memberi pengarahan untuk anakmu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *